February 09, 2009

Install Joomla

Piuuuhh.........

Akhirnya hari ini berhasil meng-instal Joomla. Berkat bantuan seorang rekan yang memandu langkah demi langkah via chatting.

Hari ini juga pikiranku mulai terbuka dan dapat menangkap gambaran dari proses instalasi Joomla.
Versi yang saya instal hari ini adalah versi 1.5. Sedangkan untuk server, saya pakai WAMP, yang sudah mengandung satu paket yang terdiri atas :
1. Apache version 2.2.11
2. PHP version 5.2.8
3. MySQL version 5.1.30

Meskipun saya sama sekali buta dengan konsep-konsep webserver, PHP, database, My SQL dan sebagainya, tetapi dengan menggunakan Joomla, saya mulai bisa belajar tentang hal-hal itu. Rupanya benar, untuk menggunakan Joomla, tak harus mempunyai background yang mendalam tentang hal-hal tadi. Cuma, supaya lebih bagus, memang sebaiknya kita juga belajar sedikit-sedikit mengenainya. Hmmm..lumayan susah juga, karena orang awam seperti saya, belum mempunyai konsep mapping yang jelas. Masih sepotong-sepotong, dan mencoba menghubung-hubungkan satu dengan yang lain. But its worth to try...

Langkah selanjutnya adalah mulai mengutak-atik Joomla ini demi menghasilkan suatu website yang menarik, dengan menggunakan template-template yang sudah disediakan. Well, I hope I can do that...sudah tak sabar buat menyelesaikannya. Berikutnya mungkin bisa masuk ke urusan domain dan webhost, yang juga tak kalah membuat saya bingung....lha wong sama sekali belum pernah berurusan sama mas "Domain" dan kang "Webhost" itu tadi...

Kita lihat saja nanti...

1 comment: