February 10, 2009

The Cathedral

Cathedral Quartet...

Have you ever heard that?

Yes, it was one of many Southern Gospel vocal group in the U.S. The group was famous at that time, and still is, I think :D.

Saya belum lama mengetahui tentang grup ini. Gara-gara mampir ke situs YouTube untuk mencari satu lagu rohani yang berjudul "I Know Who Holds Tommorow". Lantas ada salah satu video yang memperlihatkan kebolehan grup yang juga dikenal dengan nama "The Cathedral" sedang menyanyikan lagu itu.

Selama beberapa hari kemudian saya tertarik dengan penampilan grup ini. Hampir setiap hari setelah itu, saya browse ke YouTube untuk mencari lagu-lagu lain yang dinyanyikan oleh The Cathedral. Group yang terdiri dari empat orang pria, dengan konfigurasi person yang berganti-ganti (meskipun yang selalu berganti hanya dua orang, yaitu posisi tenor dan bariton) ini muncul pada tahun 1964. Pentolan utamanya adalah George Younce dan Glen Payne. Anggota-anggota yang lain ada beberapa dan berganti-ganti. Antara lain : Roy Tremble dan George Amon Webster , Kirk Talley dan Mark Trammell, Danny Funderburk, Ernie Haase dan Scott Fowler. Dalam penampilan di panggung, mereka juga sering diiringi oleh seorang pianis bernama Roger Bennet, yang juga tak kalah ciamik dalam memainkan irama-irama Southern Gospel dengan pianonya.

Yang membuat saya terkagum-kagum adalah kemampuan olah vokal mereka yang sangat cantik, ditambah dengan aransemen lagu-lagu yang ciamik. Belum lagi kemampuan mereka, terutama George Younce, untuk membawakan dialog-dialog penuh humor ketika di atas panggung. Juga kemampuan bermain musik ditunjukkan dengan sangat bagus oleh Mark Trammell, yang bermain gitar bas sambil bernyanyi di posisi bariton (1980-1990).

Salah satu penampilan "jadul" mereka, yang kental dengan nuansa Southern Gospel , bisa dilihat di bawah ini :

No comments:

Post a Comment